Mengganti Compability Program Aplikasi Windows

Compability mode menjadi masalah yang penting ketika kita akan menjalankan program-program lama diatas Sistem Operasi Baru semacam Windows 7 atau bahkan Windows 8 yang akan diluncurkan beberapa waktu kedepan. Untuk beberapa aplikasi yang membutuhkan spesifikasi Sistem Operasi di bawah Windows 7, ia mempunyai sebuah solusi untuk mengubah compability sebuah aplikasi seperti ke dalam Sistem Operasi yang diinginkan.

Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang harus dilakukan::

Pertama, klik kanan pada icon aplikasi yang ingin diubah compabilitasnya, kemudian pilih menu “properties” yang ada pada pilihan paling bawah dari menu.

Kedua, setelah masuk pada jendela Properties klik pada tab compability. Di dalam tab compatibility ini terdapat berbagai pilihan penyesuaian compability sebuah aplikasi agar dapat berjalan dengan baik meskipun ia diinstal pada sistem operasi yang tidak sesuati dengan spesifikasi sistem operasi yang seharusnya.

Ketiga, centang check button dengan tulisan “Run this program in compatibility mode for”. Setelah tanda centang itu aktif, maka pilihan pemilihan Sistem Operasi baru muncul yang antara lain ‘biasanya’ mulai dari Windows 95 hingga Windows 7.

 

Keempat, konfigurasi lain dapat dilakukan dengan cara melakukan perubahan pada “settings”. Namun perubahan ini dilakukan seperlunya saja menggingat beberapa aplikasi tidak memerlukan perubahan signifikan seperti “Run in 256 color” atau “run in 640×480 screen resolution”

Kelima, jika komputer anda terdiri dari banyak user, jangan lupa untuk “Change settings for all users”.  untuk memastikan bahwa seluruh user yang ada di dalam komputer tersebut mampu mengakses konfigurasi yang sama dengan anda “jika memang diperlukan.”

NB : Tidak seluruh aplikasi yang telah disesuaikan kompabilitasnya dapat berjalan secara baik. Walaupun kemungkinan sistem operasi yang dimaksud ada di dalam daftar list. Hal tersebut disebabkan karena beberapa fungsi-fungsi utama dari sebuah aplikasi benar-benar membutuhkan library di dalam sistem operasi yang dimaksud.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s