Update Windows 7 Secara Offline

Setiap sistem operasi pasti mempunyai titik kelemahan tertentu. Untuk mengatasinya, diperlukan sebuah perbaikan-perbaikan pada sisi yang diperlukan. Beberapa sistem operasi seperti linux dan windows biasanya melakukan sistem operasi mereka secara berkala. Perbaikan itu dapat diakses oleh pengguna sistem operasi pada situs atau pada aplikasi tertentu yang telah ada pada sistem operasi. Khusus untuk Windows 7, update dapat dilakukan dengan Check Windows Update pada Control Panel > System and Security > Windows Update.

Windows Update

Windows Update

Update Windows 7 dapat juga dilakukan dengan melakukan Change Setting. Change setting dapat diganti menjadi beberapa pengaturan antara lain: install update automatically (recommended), download update but let me choose whether to install them, check update but let me choose whether to download and install them atau never check update. Masing-masing mempunyai disesuakan dengan kebutuhan pengguna atas pertimbangan bandwidth jaringan, kapasitas penyimpanan, dan kemampuan komputer.

Windows Update Configuration

Windows Update Configuration

Dalam hal update, Windows 7 sebenarnya sudah mempunyai environment yang cukup memadahi, hanya saja permasalahan dapat dijumpai pada beberapa perangkat tertentu. Permasalahan yang paling sering ditemui adalah kegagalan install update, terutama untuk kebutuhan update yang bersekala besar (seperti update service pack yang mencapai besaran 1,2 GB). Kegagalan update windows dengan menggunakan Check Windows Update dapat diatasi dengan cara mendownload offline installer. Offline installer dapat di download dalam situs microsoft –> http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=5842

Pilihan File Download Windows 7

Pilihan File Download Windows 7

Di dalam situs tersebut terdapat beberapa varian instalasi beberapa instalasi, detail dari masing-masing fungsi file instalasi antara lain sebagai berikut:

File pertama (7601.17514.101119-1850_Update_Sp_Wave1-GRMSP1.1_DVD.iso) yang berbentuk dvd image adalah file iso yang berisi seluruh kelengkapan Service Pack Windows 7. Di dalamnya terdapat beberapa versi antara lain IA64 (Prosesor Itanium), X64 (untuk Windows 64 bit) dan X86 (untuk Windows 32 bit). Jika user merasa tidak yakin untuk memilih sebuah instalasi, maka file ini merupakan pilihan terbaik. Hanya saja, ukuran file terlalu besar, khususnya bagi pengguna yang mempunyai keterbatasan bandwidth.

Enam file berikutnya merupakan file iso symbol instalasi Windows Update beberapa versi disesuaikan dengan bahasa. Misalnya untuk bahasa China menggunakan simbol CHK dan huruf latin menggunakan simbol FRE. File-file tersebut digunakan untuk debug Service Pak dan tidak terlalu dibutuhkan kecuali jika sebuah masalah terjadi dan pengguna ingin mencari solusi pemecahan permasalahan instalasi sendiri.

Tiga file terakhir adalah Service Pack yang dibagi sesuai dengan fungsinya masing-masing, terdapat tiga versi untuk arsitektur yang berbeda. IA64 untuk Itanium processors, X64 untuk 64-bit Windows 7 dan x86 untuk 32-bit Windows 7. Kelebihan donwload instalasi service pack ini adalah, user tidak memerlukan kapasitas download yang besar untuk sekedar melakukan update terhadap windows.

4 thoughts on “Update Windows 7 Secara Offline

  1. Saya coba dulu mas, abis restore karena error mulu eh sekarang malah ga bisa update
    tiap update cuma cheking doang udah berjam2 ga bisa jalan ga kaya sebelumnya, sapa tau kalau download sendiri filenya bisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s