Menulis Blog – Sekedar Basa-Basi atau Hobi?

Ketika jalan-jalan di toko buku, saya sering sekali melihat buku-buku tentang blog, menulis blog atau tips dan trik dalam melakukannya. Buku-buku tersebut sepertinya laris dan dicari oleh banyak pembaca. Buku-buku tersebut banyak diantaranya lebih mementingkan bagaimana cara kita untuk memperoleh banyak penggunjung dalam jangka waktu yang dekat atau membuat blog kita lebih populer. Apakah itu salah? Apakah saya menyalahkan buku yang telah menulis cara-cara seperti itu? Tidak, tulisan ini tidak bertujuan untuk menyalahkan siapapun, tulisan ini hanya mencoba untuk menggali kembali, tujuan seperti apa yang sebenarnya ingin para blogger tuju.

Menulis blog bukan untuk sekedar mencari popularitas atau mendapatkan penghasilan sampingan melalui ads. Menulis blog juga bukan sebagai sebuah sarana mencari popularitas di dunia maya. Menulis blog, seharusnya sama dengan kegiatan menulis lain, yang lebih sebagai sebuah pemenuhan hasrat dan keinginan untuk berbagi pemikiran, pengetahuan atau sebuah pendapat. Jika memang orang setuju dengan pendapat kita, atau tertarik dengan informasi kita, maka biarkan mereka mengunjungi blog kita dengan sendirinya. Namun jika mereka tidak setujua atau sama sekali tidak tertarik, maka biarkan mereka membaca blog yang lain.

Sebuah blog tidak sebaiknya diukur dari seberapa banyak pengunjung yang telah datang, atau seberapa banyak komentar yang ada di dalamnya. Namun kulitas blog seharusnya diukur dari seberapa berpengaruhnya isi tulisan di blog itu untuk masyarakat, atau sebuah komunita atau sebuah bangsa atau bahkan untuk dunia. Tidak ada yang salah dengan blog yang sedikit penggunjungnya, dengan kualitas tampilan yang biasa-biasa saja dan atau tidak ada orang yang berkomentar di dalamnya. Lebih penting dari itu adalah seberapa dalam kualitas penulisan karya di dalam blog.

Blog seperti halnya buku, jangan lihat dari sampulnya. Isi adalah hal terpenting baik bagi buku maupun blog. Seberapa besar tingkat kualitas tulisan di dalam blog seharusnya menjadi tolok ukur. Dan apakah tulisan-tulisan saya di blog ini sudah mencukupi? Tidak, masih sangat jauh dari mencukupi karena beberapa tulisan saya sendiri di sini saya buat bukan atas dorongan pribadi karena memang saya benar-benar ingin menuliskannya.

Adalah sebuah kepuasan jika blog dapat benar-benar mencerminkan pemikiran penggunanya di samping menjadi sarana untuk berbagi pemikiran. Sebuah sarana intelegensi yang berkualitas dan penuh akan ilmu pengetahuan. Sebuah sarana untuk berbagi perasaan dan berbagi keinginan. Sebuah sarana untuk memperdekat satu sama lain dalam ikatan pemahaman. Bukan sebagai sarana kejar mengejar popularitas, uang atau sekedar pamer.

Leave a comment